Pendidikan Islam Transformatif
Artikel ini ditulis oleh Usman Usman, Moch Fuad, Nur Munajat yang diterbitkan di jurnal pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga. Artikel membahas tentang pendidikan Islam Trannsformatif yang judul aslinya adalah "Islamic Educational Transformation: A Study of Scientific and Competence Development in the Study Program of Islamic Education in State Islamic University". Berikut ini ringkasannya.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan evaluatif tentang agama dan
modernisasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan dan menggambarkan
permasalahan baru mengenai kerangka dasar pengembangan keilmuan dan
kurikulum pada Program Studi PAI. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan mengungkap indikator perubahan kerangka dasar,
pandangan dan sikap akademisi, pengembangan kurikulum, dan proses
belajar-mengajar, terutama yang berbasis teknologi informasi. Penelitian
dilakukan di tiga Universitas Islam Negeri, yaitu UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Maulana Malik
Ibrahim Malang, dengan subjek penelitiannya yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan atau Program Studi PAI. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara purposive random. Data dikumpulkan dengan metode
observasi partisipan, wawancara terstruktur dan mendalam serta metode
kuesioner kepada fakultas (pimpinan) dan mahasiswa. Analisis data
dilakukan melalui interpretasi logis dan perbandingan konstan.
Penelitian ini dilakukan di lapangan dengan mengumpulkan data, menulis
dan memberikan interpretasi logis terhadap data. Berdasarkan data dan
analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa implementasi pengembangan
keilmuan yang dilakukan oleh program studi/jurusan PAI untuk mewujudkan
pendekatan integrasi-interkoneksi sudah tercermin dalam penentuan
jurusan (visi dan misi) jurusan, kebijakan (kualitas objektif atau
jaminan mutu), program, dan proses pembelajaran. Semua hal tersebut
sudah berkembang, bila dipahami dari makna modernisasi pendidikan (model
perubahan/pengembangan manajemen pendidikan), dari cara
lama/konvensional menuju ke yang lebih kontemporer.
Full papernya dapat diunduh disini.
Tidak ada komentar