Matematika 1 x 2 TIDAK SAMA DENGAN 2 x 1, Apa Hikmahnya ?
Oleh : Slamet Widodo, Guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro
Mungkin Anda akan protes kepada saya. Kok bisa 1 x 2 tidak sama dengan 2 x 1. Padahal, hasilnya sama, yaitu 2 (1 x 2 = 2 = 2 x 1).
Memang secara hasil, kedua perkalian tersebut sama, yakni 2. Tetapi, secara konsep perkalian tidak sama.
Materi ini dipelajari anak-anak kita di kelas 2 SD/MI. Kita sebagai orang tua harus paham. Ketika kita mendampingi anak-anak belajar di rumah, kita bisa menjelaskannya. Agar tidak gagal paham. (Heheh… pinjam istilah Kids Zaman Now. Dan saya ketularan virusnya Pak Didi Junaedi).
Baik, begini penjelasannya.
Mari kita memahami konsep perkalian. Perkalian bisa disebut sebagai proses “Penjumlahan Berulang”. Jadi jika ada soal perkalian satuan 1 x 2 dan 2 x 1, angka mana yang harus diulang? Dan berapa kali mengulangnya?
Coba perhatikan!
1 x 2 = 2 ---> (angka 2 diulang satu kali)
2 x 1 = 1 + 1 ---> (angka 1 diulang dua kali)
Dari konsep perkalian di atas bisa kita simpulkan, bahwa angka yang berulang adalah angka yang berada di sebelah kanan tanda operasi perkalian (x).
Ilustrasi :
“Zuhro mengambil buah jeruk sebanyak 2 kali, setiap mengambil ia membawa 1 buah jeruk (2 x 1). Berapa jeruk yang diambil Zuhro? 2 buah.”
Lalu hikmah (nasihat) apa yang bisa kita ambil dari konsep perkalian di atas?
Konsep dalam belajar pun seperti itu.
Pilih yang 1 x 2 atau 2 x 1.
Artinya, 1 x 2 = Belajar sekali di sekolah kemudian diulang dua kali di rumah
Atau, 2 x 1 = Belajar dua kali di sekolah hanya diulang satu kali di rumah.
Pilih yang mana?
Semua tergantung pada diri kita masing-masing.
Semoga bermanfaat. Berasa jadi guru matematika beneran. Bukan guru bahasa Indonesia. Hehehe.
*Sumber gambar dari google.
Tidak ada komentar